7 Jenis Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Indonesia

pinjaman tanpa agunan

Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa pinjaman tanpa agunan (Kredit KTA) di Indonesia hanya satu macam saja. Padahal ada banyak jenisnya yang beredar luas di Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, maka modelnya pun beragam. Dukungan pemerintah melalui penerbitan kebijakan jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) yang diawasi melalui OJK, turut membantu popularitas pinjaman online hingga mencapai masyarakat luas.

Penyebaran pinjaman KTA yang memiliki banyak jenis memang belum merata di seluruh Indonesia. Saat ini konsentrasi kreditur program tanpa agunan masih membidik kota-kota tertentu seperti: Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Yogyakarta (Jogja), Medan, Tangerang, Depok, Bekasi, Palembang, Bogor, Denpasar Bali, Balikpapan, Pekanbaru, Cikarang, Karawang, Serang Banten, Lampung dan Malang Jawa Timur saja. Padahal beberapa bank penerbit telah memiliki jaringan hingga Aceh, Maluku dan Jayapura Papua.

Bsrbahagialah warga masyarakat yang tinggal di kota-kota tersebut, karena variasi jenis KTA yang tersedia sangat lengkap. Itulah sebabnya, pada ulasan Pinjaman populer di Tangerang yang kami pernah terbitkan, model pinjaman ini adalah yang paling banyak diminati.

Ragam Model & Jenis

Adapun keragaman jenis kredit tanpa jaminan yang beredar di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pinjaman Basis Kartu Kredit. Inilah cikal bakal dan pelopor jenis peminjaman uang tanpa menggunakan agunan di Indonesia. Dan jenis ini masih eksis. Biasanya ditawarkan oleh bank umum nasional, bank pemerintah maupun bank swasta asing. Dasar persetujuannya adalah melihat “kesehatan” likuiditas pemakaian CC (credit card). Semakin aktif penggunaannya dan pembayaran lancar, maka makin besar nilai pencairan yang diperoleh debitur. Dengan catatan, nama anda harus “bersih” dari BI Checking (sekarang disebut SLIK OJK). Yang cukup populer adalah milik bank Mandiri, bank Permata, DBS, Citibank dan HSBC. Kelompok masyarakat yang paling banyak disetujui adalah pendanaan sebesar Rp. 5 juta hingga 30 juta.
  2. KTA Slip Gaji. Ini adalah pinjaman tanpa menggunakan agunan yang sangat eksklusif. Biasanya pihak bank penerbit bekerjasama dengan perusahaan tertentu untuk menawarkan layanan ini kepada karyawan. Jika perusahaan memberikan rekomendasi khusus, biasanya karyawan yang menjadi nasabah akan mendapatkan paket bunga khusus yang sangat murah. Jenis pinjaman Slip Gaji ini langsung memotong penghasilan karyawan setiap bulan. Makanya, syaratnya adalah harus melakukan payroll pada bank bersangkutan. Nilai nominal yang dicairkan cukup besar. Di kisaran 10 juta hingga 100 juta, tergantung jabatan dan golongan kekaryawanan. Ini benar-benar tanpa jaminan apapun! Hanya butuh rekomemdasi dari HRD atau Personalia!
  3. Kredit Basis Membership. Tidak banyak kreditur melayani jenis kredit tanpa agunan ini. Tetapi di masyarakat, layanan seperti ini sudah dikenal. Jaminan keberadaan kartu Jamsostek atau BPJS biasanya yang ditetapkan sebagai acuan persetujuan. Nilainya tidak besar. Karena sekalipun pihak kreditur menahan kartunya, maka jika terjadi macet, maka tidak dapat melakukan pencairan kartu Jamsostek ini. Tetapi setidaknya, kerugian malah lebih besar dialami oleh nasabah karena biasanya nilai pinjamannya tidak lebih besar dari saldo.pinjaman tanpa agunan
  4. Pinjaman KTA Aplikasi Online. Inilah yang paling marak di tahun ini. Karena mekanisme-nya sangat mudah. Cukup unduh aplikasi android maupun IOS, lalu silakan ajukan transaksi pinjam uang. Pengelola Fintech akan melakukan analisa secara cepat dengan mencari informasi nasabah berdasarkan data yang diinput. Misalnya menelepon kantor calon nasabah atau memakai cara lain. Nilai pinjaman memiliki nominal yamg kecil, sekitar 250 ribu hingga 1 juta rupiah. Sebagian besar analis Fintech melakukan screening kelayakan berdasarkan kesesuaian informasi yang diinput calon debitur. Jika tepat 100% sama dengan kenyataan, maka bisa saja dana yang dipinjam segera cair. Selama anda tinggal dalam cakupan radius pantauan mereka, dan memiliki pekerjaan yang “aman”. Misalnya pegawai negeri, karyawan dengan status pegawai tetap 10 tahun, dan lain-lain. Program tanpa agunan Kredit ini tidak butuh waktu lama dapat menyetujui permohonan anda. Dan kebanyakannya butuh E KTP dan NPWP sebagai syarat yang harus di foto dan kirim via app ponsel.
  5. Kredit SK Pegawai dan Pensiunan. Ini sebenarnya termasuk jenis kredit pinjaman tanpa jaminan yang eksklusif juga. Dan biasanya khusus debitur yang rekeningnya ditetapkan sebagai rekening penerimaan dana pensiun. Memang, nilai Nominal uang yang diperoleh tidak terlalu besar. Ada yang menerapkan SK sebagai seolah-olah sebagai agunannya. Tetapi hal ini sebenarnya tidak berarti apa-apa. Kredit anda macet, maka SK tidak dapat diuangkan mereka, bukan?
  6. Kredit Asuransi. Mungkin jenis ini tidak terlalu populer di Indonesia. Tetapi di luar negeri cukup dikenal. Nisa saja dalam beberapa tahun ke depan, jenis ini marak di Indonesia. Apalagi, disinyalir bahwa di negara kita cukup banyak bank dan perusahaan pembiayaan yang merupakan group dari perusahaan asuransi. Biasanya para penerbit KTA jenis ini bekerjasama dengan maskapai asuransi kesehatan (life atau medical insurance) untuk mengetahui posisi saldo dan menerima pembayaran premi rutin. Besarnya dana yang dikreditkan tidak terlalu tinggi, karena pada dasarnya pihak bank tidak dapat melakukan klaim apapun sekiranya nasabah wan-prestasi.
  7. Pinjaman KTA ATM. Model seperti ini marak pada pelosok kota daerah industrial. Penyelenggaranya adalah kreditur pribadi. Prinsip kerjanya simpel, yaitu menahan ATM nasabah hingga tanggal gajian. Dan langsung melakukan penutupan hutang saat gaji buruh sudah ditransfer. Peminjaman dana tanpa menggunakan legalitas jasa keuangan seperti ini cukup mengkuatirkan. Karena banyak oknum yang menerapkan bunga tinggi (lintah darat) hingga 10% per minggu. Biasanya mereka paham metode penggajian buruh karena kenal dengan pihak internal pabrik. Kamk himbau, jangan jaminkan ATM anda pada model seperti ini.

Demikianlah informasi terkait beragamnya model, metode dan 7 jenis pinjaman berupa KTA tanpa jaminan yang beredar di masyarakat Indonesia. Jika kebutuhan anda sejumlah nominal besar, dengan potensi persetujuan paling tinggi dalam waktu yang cepat, satu-satunya harapan adalah dengan menggunakan agunan. Anda dapat mengajukan di Pegadaian maupun di leasing resmi dan bank.

Situs Keuangan Nominal juga salah satu penyedia layanan pinjaman dengan menggunakan agunan. Apalagi, kami dapat melayani seluruh kota di Indonesia. Bukan seperti pinjam uang via KTA yang hanya terbatas jumlah, area pemasaran dan tingkat persetujuannya yang rendah. Silakan cek menu promo pinjaman pada bagian atas website ini, dan langsung saja klik menu tersebut.

KTA
5

Ringkasan

Aneka ragam jenis pinjaman tanpa agunan dan model KTA yaitu kredit tanpa jaminan, yang beredar di Indonesia. Baik yang ditawarkan bank, fintech maupun dana pribadi perorangan. Pinjaman KTA sangat populer saat ini

Portal Keuangan Nominal

Nelson Sitompul

View posts by Nelson Sitompul
Segala bentuk pinjaman dan asuransi yang ditawarkan melalui portal Nominal.co.id adalah dikelola oleh perusahaan resmi di Indonesia. Dukungan bank, perusahaan pembiayaan dan maskapai asuransi merupakan jaminan keamanan transaksi keuangan di sini