Mengapa Pinjaman Agunan Bpkb Motor Tidak Layani Plat Luar Kota?

pinjaman jaminan bpkb motor

Cukup banyak menanyakan kepada kami terkait program pinjaman dengan agunan bpkb sepeda motor yang tidak dapat melayani plat luar kota. Dan ini berlaku di hampir semua leasing yang ada di Indonesia. Di satu sisi, kebijakan ini dianggap menyulitkan calon nasabah terutama yang mengalami pindah kota, dan belum melakukan BBN bpkbnya di Samsat setempat.

Kalau melihat satu sisi dari konsumen saja, memang kebijakan leasing yang tidak bisa layani plat daerah lain terkesan tidak adail bagi debitur. Program pinjaman jaminan bpkb motor oleh leasing dianggap tidak berpihak kepada mereka, walau jumlah nasabahnya yang mengalami kondisi ini tidak sedikit. Dan alasan leasing adalah sebagai berikut:

  • Pengecekan keabsahan bpkb plat luar daerah membutuhkan waktu lama dan biaya yang cukup besar. Dan biasanya nasabah tidak mau dibebankan biaya ini.
  • Sebagian besar permohonan yang mendaftar program gadai, yang menggunakan bpkb motor plat luar kota daerah domisili biasanya belum BBN ke nama nasabah. Ini berpotensi menimbulkan masalah kredit macet karena cukup banyak yang berkedok “atas nama”. Kondisi ini mirip dengan program agunan mobil premium.
  • Disinyalir kondisi plat luar kota kebanyakan bermasalah dalam hal usia kendaraan. Artinya, motor tua sulit untuk dijual sebelum pindah. Karena itu, saat pindah ke luar daerahnya, maka kendaraan tua ini ikut dibawa.pinjaman jaminan bpkb motor
  • Sebagian besar permohonan pinjaman agunan bpkb motor luar kota, memiliki kondisi pajak mati, bahkan harus ganti kaleng plat nopol. Banyak kondisi yang seperti ini memiliki catatan buruk dalam hal kredit.
  • Sebagian besar nasabah yang mengajukan bpkb sepeda motor plat daerah lain, memiliki status mahasiswa atau pelajar maupun seseorang yang belum memiliki pekerjaan tetap. Orang-orang seperti ini terbukti cukup banyak berpotansi menimbulkan kredit macet dan gagal bayar angsuran. Sekalipun nasabah mendapatkan simulasi perhitungan gadai bpkb yang murah, tetapi karena tidak memiliki penghasilan, maka pada akhirnya sepeda motor ditarik leasing.
  • Jika sepeda motor plat luar kota ditarik, maka sangat jarang peminat lelangnya. Hal ini menyebabkan timbulnya biaya penyimpanan oleh pihak leasing sampai motor tersebut laku dijual. Nilai kerugian leasing menjadi bengkak karenanya.

Demikianlah alasan yang menyebabkan program pinjaman dengan menggunakan agunan bpkb sepeda motor, terutama untuk kondisi plat luar kota tidak dapat dilayani. Perlu anda ketahui bahwa bisnis leasing berusaha meminimalkan resiko kerugian. Dengan melarang plat kota lain diagunkan, maka potensi kerugian perusahaan pembiayaan dapat ditekan.

Bpkb motor
5

Ringkasan

Semua pinjaman dengan agunan bpkb sepeda motor plat luar kota (daerah) biasanya ditolak oleh leasing. Kondisi ini memang dilema bagi nasabah dan bahkan dianggap sebagai kebijakan yang tidak adil

Portal Keuangan Nominal

Nelson Sitompul

View posts by Nelson Sitompul
Segala bentuk pinjaman dan asuransi yang ditawarkan melalui portal Nominal.co.id adalah dikelola oleh perusahaan resmi di Indonesia. Dukungan bank, perusahaan pembiayaan dan maskapai asuransi merupakan jaminan keamanan transaksi keuangan di sini